Sekilas Info :
animasi-bergerak-bendera-indonesia-0005

ap

Home » » Menyanyi bisa hilangkan kebiasaan mendengkur?

Menyanyi bisa hilangkan kebiasaan mendengkur?

Written By stzuriah.blogger.com on Monday 19 August 2013 | 06:55

Menyanyi bisa hilangkan kebiasaan mendengkur?
Ilustrasi mendengkur. ©Shutterstock/Karlova Irina Rajin bernyanyi setiap hari rupanya mampu menguatkan otot sekitar tenggorokan yang lemah yang selama ini merupakan penyebab dari kebiasaan mendengkur ketika tidur, demikian menurut para pakar.

Kesimpulan tersebut dinyatakan setelah seorang guru menyanyi yang merancang program menyanyi demi membantu temannya untuk mengatasi masalah mendengkur.
Adalah Alise Ojay yang membentuk program latihan menyanyi untuk menguatkan otot tenggorokan sekaligus menghentikan kebiasaan mendengkur dan apnea tidur - kondisi yang memicu penderita berhenti bernapas selama beberapa detik ketika tidur.
Penemuan Ojay pun mendorong para pakar dari Exeter University dan Royal Devon and Exeter NHS Foundation Trust untuk menyelidikinya lebih lanjut.
Pada percobaan yang dilakukan, bernyanyi selama beberapa menit setiap hari dalam jangka waktu tiga bulan terbukti membuat 30 pendengkur mengalami kemajuan dalam kondisinya. Artinya, kebiasaan mendengkur cukup banyak mengalami penurunan.
"Jika mendengkur bisa diatasi, kualitas tidur tentu akan menjadi lebih baik," papar kepala peneliti, Malcolm Hilton, seperti yang dikutip dari Daily Mail.
Metode seperti menyanyi ini pun dianggap sebagai cara paling mudah dan murah untuk mengatasi kebiasaan mendengkur. Selain itu, gaya hidup sehat juga tetap dianjurkan demi mencegah kebiasaan mendengkur datang kembali.
Hasil riset para pakar tersebut kemudian dilaporkan dalam International Journal of Otolaryngology and Head and Neck Surgery.
Sumber
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Ikuti

×
 
Support : A C S | Gunung Wulan | Wisata Alam
Proudly powered by Blogger
Copyright ©2013_2023. Taman Remaja Pungkruk -
Design by D O E L to ACSPUNGKRUK